1. PENGUKURAN DALAM PENELITIAN

Download meliputi pengukuran dalam penelitian dan alat-alat pengumpulan data. 1. ... skala pengukuran adalah peraturan penggunaan notasi bilangan da...

0 downloads 610 Views 542KB Size
J.

TEKNIK PENELITIAN

Teknik penelitian adalah penggunaan alat dalam mengukur ataupun dalam mengumpulkan data. Jadi, yang dibicarakan dalam teknik penelitian meliputi pengukuran dalam penelitian dan alat-alat pengumpulan data.

1.

Pengukuran dalam Penelitian

Pengukuran adalah usaha untuk memberikan nomor pada benda-benda atau peristiwa-peristiwa menurut suatu aturan tertentu. Jadi, pengukuran pada dasarnya merupakan penggambaran suatu hubungan. Dalam penelitian, pengukuran dikenakan pada variabel dan pengukuran menandai nilai-nilai variabel dengan notasi bilangan.

a.

Skala/Tingkat Pengukuran skala pengukuran adalah peraturan penggunaan notasi bilangan dalam pengukuran. Skala pengukuran ini dapat dibedakan atas empat macam, yaitu sebagai berikut.

1)

2)

3)

Skala nominal Skala nominal adalah suatu skala yang diberikan pada objek atau kategori yang tidak menggambarkan kedudukan objek atau kategori tersebut terhadap objek atau kategori lainnya, tetapi hanya sekadar label atau kode saja. Skala ini hanya mengelompokkan objek/kategori ke dalam kelompok tertentu. Skala ini mempunyai dua ciri, yaitu . kategori data bersifat saling lepas (satu objek hanya masuk pada satu kelompok saja); . kategori data tidak disusun secara logis. Skala ordinal Skala ordinal adalah suatu skala di mana penomoran objek/kategori disusun menurut besarnya, yaitu dari tingkat terendah ke tingkat tertinggi atau sebaliknya dengan jarak/rentang yang tidak harus sama. Skala ini memiliki ciri seperti pada ciri skala nominal ditambah satu ciri lagi, yaitu kategori data dapat disusun berdasarkan urutan logis dan sesuai dengan besarnya karakteristik yang dimiliki. Skala interval Skala interval adalah suatu skala di mana objek/kategori dapat diurutkan berdasarkan suatu atribut yang memberikan informasi tentang interval antara tiap objek/kategori sama. Besarnya interval dapat ditambah atau dikurangi. Skala ini memiliki ciri sama dengan ciri pada skala ordinal ditambah satu ciri lagi, yaitu urutan kategori data mempunyai jarak yang sama. Analisis Data Penelitian

d

Statistik