GO YANTEK

Download PT.PLN (Persero) adalah BUMN di Indonesia yang mengurusi semua aspek kelistrikan dari Pembangkitan, Penyaluran, Pengatur Beban dan Distribu...

2 downloads 370 Views 253KB Size
GO YANTEK (PELAYANAN TEKNIK) PLN SEBAGAI STRATEGI DIGITAL KELISTRIKAN UNTUK MENUMBUHKAN PENDAPATAN PERUSAHAAN

PT.PLN (Persero) adalah BUMN di Indonesia yang mengurusi semua aspek kelistrikan dari Pembangkitan, Penyaluran, Pengatur Beban dan Distribusi. Sejak berdirinya sampai sekarang tingkat pertumbuhan beban PLN mengalami peningkatan sangat pesat. Masuknya konsumen dari industri-industri besar ke Indonesia menjadi salah satu andil pertumbuhan kelistrikan selain konsumen rumah tangga yang terus meningkat. Semua hal tersebut harus dibarengi dengan kualitas pelayanan pelanggan yang harus ditingkatkan juga. Dalam beberapa dekade ini PLN menghadapi tantangan besar salah satunya dengan hadirnya teknologi solar cell atau Photovoltaic dengan berbagai keunggulan yang di klaim harga bayarnya lebih murah daripada membayar ke PLN. Hadirnya tantangan tersebut seharusnya PLN mempunyai strategi jitu agar pendapatan perusahaan tetap meningkat diantaranya dengan meningkatkan pelayanan teknik . Pelayanan teknik dalam hal ini diterapkan pasang baru tidak lebih dari 24 jam, perubahan daya pelanggan kurang dari 24 jam serta penanganan gangguan sedini mungkin, perbaikan meter pelanggan. Go Yantek ( Pelayanan Teknik ) adalah strategi digital dunia kelistrikan untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. Fenomena digitalisasi bisnis ini semakin berkembang dan susah dibendung. Go Yantek melayani semua kebutuhan pelanggan dengan cepat dari pembangkitan, penyaluran maupun distribusi. GO Yantek selalu siap dan cepat jika ada keluhan pelanggan selama 24 jam. Khususnya jika terjadi pemadaman atau gangguan GO Yantek langsung mengetahui titik gangguan pelanggan sebelum pelanggan menghubungi kantor PLN terdekat sehingga energi yang tidak tersalurkan karena gangguan bisa cepat diatasi. Pasang baru atau perubahan daya tidak harus melewati birokrasi eksisting yang terkesan lama. Menariknya, bukan sekedar merespons fenomena digitalisasi tersebut, dalam lanskap bisnis baru ini.

Dalam menyusun strategi digital, PLN melakukan transformasi digital melalui dua sisi. Pertama, dengan melakukan transformasi digital internal perusahaan seperti digitalisasi proses operasional dan transformasi fungsi back end, serta pemanfaatan data analytic dan aktivasi digital untuk membangun PLN menjadi digital kelistrikan. Kedua, membangun peluang bisnis digital ke depan melalui meningkatkan nilai tambah bisnis inti dengan men-deliver layanan digital kelistrikan, menyediakan platform mediasi untuk para pelaku bisnis digital kelistrikan, serta melakukan kerja sama dan investasi dalam value chain ekosistem bisnis digital kelistrikan. PLN sudah mempunyai anak perusahaan Icon+ yang bisa dilibatkan dalam pembangunan GO Yantek. Sedikit tentang bisnis digital kelistrikan. Icon+ selaku anak perusahaan PLN di bidang telekomunikasi bisa melayani pemasangan komunikasi berbasis VOIP kepada pelanggan baik industri besar maupun rumah tangga.