BAB III METODE PENELITIAN A. JENIS PENELITIAN PENELITIAN INI

Download b. Variabel Terikat. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keluhan low back pain. c. ... a) Variabel pengganggu terkendali : usia, j...

0 downloads 522 Views 178KB Size
perpustakaan.uns.ac.id

digilib.uns.ac.id

BAB III METODE PENELITIAN

a.

Jenis Penelitian Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik yaitu penelitian yang menjelaskan adanya hubungan antara variabel-variabel melalui

pengujian

hipotesis

yang

telah

dirumuskan

sebelumnya

(Notoatmodjo, 2012). Berdasarkan pendekatannya, maka penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional karena variabel sebab dan akibat yang terjadi pada objek penelitian diukur atau dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan dan dilakukan pada situasi saat yang hampir bersamaan (Sugiyono, 2008).

b.

Lokasi dan Waktu Penelitian a.

Lokasi Penelitian Penelitian tersebut dilakukan di PT TELKOM Solo.

2)

Waktu Penelitian Penelitian tersebut dilaksanakan pada bulan September 2015 hingga Januari 2016.

3)

Populasi Penelitian Populasi penelitian adalah seluruh tenaga kerja bagian administrasi TELKOM Solo sejumlah 40 orang.

commit to user

perpustakaan.uns.ac.id

4)

digilib.uns.ac.id

Sampel Penelitian Sampel

penelitian

adalah

seluruh

tenaga

kerja

bagian

administrasi TELKOM Solo yang berjumlah 40 orang.

c.

Teknik Sampling Teknik sampling yang digunakan adalah Sampling Jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota digunakan sebagai sempel, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel (Sugiyono, 2008).

d.

Rancangan Penelitian

Populasi Sampling Jenuh Sampel Sikap kerja duduk

Masa Kerja

Low Back Pain Sikap kerja 1

Sikap kerja 2

Low back Pain

Sikap kerja 3

Sikap kerja 4

Uji Spearman

Gambar 9. Rancangan Penelitian

commit to user

Uji Pearson

Uji Regresi Linier

perpustakaan.uns.ac.id

e.

digilib.uns.ac.id

Identifikasi Variabel Penelitian Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel yang saling berkaitan, yaitu variabel bebas akan mempengaruhi terhadap variabel terikatnya serta memiliki variabel pengganggu diantara kedua variabel yang terkait. Identifikasi variabel penelitian berdasarkan hipotesis, yaitu : a.

Variabel Bebas Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sikap kerja duduk dan masa kerja.

b.

Variabel Terikat Variabel terikat dalam penelitian ini adalah keluhan low back pain.

c.

Variabel Pengganggu Variabel pengganggu dalam penelitian ini ada dua, yaitu : a)

Variabel pengganggu terkendali : usia, jenis kelamin, keadaan fisik (sehat atau sakit).

b)

Variabel pengganggu tidak terkendali : pekerjaan monoton, jam kerja, waktu istirahat, tanggungan keluarga, motivasi kerja, keahlian, pengalaman.

f.

Definisi Operasional Variabel Penelitian a.

Sikap Kerja Duduk Sikap kerja duduk merupakan salah satu sikap dalam suatu pekerjaan. Merupakan sikap kerja duduk diatas kursi dan berhadapan dengan meja kerja yang biasa dilakukan bagian administrasi di PT TELKOM Solo.

commit to user

perpustakaan.uns.ac.id

digilib.uns.ac.id

Alat ukur

: Metode Rapid Entire Body Assessment (REBA)

Skala pengukuran b.

: Interval

Masa Kerja Masa kerja merupakan kurun waktu atau lamanya tenaga kerja bekerja di PT TELKOM Solo. Masa kerja merupakan salah satu hal yang menjadi tolak ukur kinerja tenaga kerja administrasi dalam menjalankan pekerjaannya.

c.

Alat Ukur

: Data pribadi tenaga kerja

Skala pengukuran

: Rasio

Keluhan Low Back Pain Keluhan Low Back Pain adalah keluhan pada bagian-bagian otot skeletal yang dirasakan oleh seorang tenaga kerja bagian administrasi PT TELKOM Solo dari mulai keluhan sangat ringan sampai sakit, yang dinilai dengan diagnosis dini menggunakan kuisioner low back pain. Alat Ukur

: Quisioner Modified Oswestry Low Back Pain Disability Questionnaire

Skala pengukuran

g.

: Interval

Instrumen Penelitian Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah : a.

Lembar data pengukuran REBA

b.

Inform Concent

commit to user

perpustakaan.uns.ac.id

c.

digilib.uns.ac.id

Kuesioner Quisioner Modified Oswestry Low Back Pain Disability Questionnaire

d.

Kuesioner Data Pribadi Kuesioner data pribadi meliputi identitas pasien terdiri dari nama, usia, jenis kelamin, aktivitas olahraga, tingkat pendidikan, suku, status pernikahan, dan status pekerjaan.

e.

Alat tulis Alat tulis (bolpoin dan kertas) yaitu alat yang digunakan untuk mencatat hasil dari pengukuran kelelahan kerja dan produktivitas.

f.

Kamera Kamera yaitu, alat yang digunakan untuk mengambil dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan penelitian. Dalam hal ini peneliti menggunakan camera handphone.

h.

Cara Kerja Penelitian Pengumpulan data dalam penelitian ini melakukan tahapantahapan sebagai berikut : a.

Tahap Persiapan Tahap ini terdiri dari : ijin penelitian, survei awal, penyusunan proposal dan ujian proposal. Dengan rincian sebagai berikut : 1)

Melakukan survei awal di bagian administrasi PT TELKOM Solo, yaitu bertujuan untuk melihat kondisi tempat kerja, proses kerja, serta kondisi pekerja.

commit to user

perpustakaan.uns.ac.id

digilib.uns.ac.id

2)

Mempersiapkan surat penelitian dan lembar pertanyaan data responden.

3)

Melakukan wawancara kepada tenaga kerja bagian administrasi PT TELKOM Solo.

b.

Tahap Pelaksanaan Tahap pelaksanaan pengumpulan data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1)

Setelah mendapat izin penelitian bagian administrasi PT TELKOM Solo, peneliti menjelaskan tentang tujuan dari penelitian.

2)

Peneliti menjelaskan dan memberikan inform concent sebagai permohonan tenaga kerja untuk menjadi responden dalam penelitian tersebut.

3)

Mengisi lembar pertanyaan data responden dan wawancara satu persatu tenaga kerja yang bekerja di bagian administrasi PT TELKOM Solo berhubungan dengan umur, sikap kerja dan produktivitas.

4)

Melakukan pengukuran sikap kerja dengan keluhan low back pain menggunakan lembar pengukuran REBA dan kuesioner low back pain.

5) c.

Merekap data perolehan hasil penelitian.

Tahap penyelesaian Tahap penyelesaian terdiri dari :

commit to user

perpustakaan.uns.ac.id

digilib.uns.ac.id

1) Pengumpulan semua data. 2) Melakukan pengolahan dan analisis data penelitian yang diperoleh. 3) Analisa data penelitian dan Uji Statistik, yaitu menganalisa datadata pendukung penelitian seperti umur dan jenis kelamin tenaga kerja bagian administrasi PT TELKOM Solo. Disini analisa data dilakukan dengan uji statistik Regresi Linier. 4) Penyusunan laporan skripsi.

i.

Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui observasi lapangan dan wawancara dengan tenaga kerja bagian administrasi PT TELKOM Solo. Data sekunder diperoleh dari internet, informasi dan database PT TELKOM Solo. Analisis data yang digunakan dalam penelitian diatas meliputi analisis data univariat, analisis data bivariat serta analisis data multivariat. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sebagai berikut : a.

Uji Univariat Analisis

univariat

bertujuan

untuk

menjelaskan

atau

mendiskripsikan karakteristik setiap variabel penelitian. Bentuk analisis univariat tergantung dari jenis datanya, data-data pendukung penelitian seperti penelitian seperti umur dan jenis kelamin tenaga kerja di bagian administrasi PT TELKOM Solo.

commit to user

perpustakaan.uns.ac.id

b.

digilib.uns.ac.id

Uji Bivariat Analisis bivariat yang dilakukan terhadap dua variabel yang diduga berhubungan atau berkorelasi. Penelitian ini menggunakan uji sampel bivariat Pearson Product Moment dan uji Spearman.

c.

Uji Multivariat Analisis multivariat bertujuan untuk mengetahui hubungan lebih dari satu variabel independen dengan satu variabel dependen. Penelitian ini menggunakan uji sampel multivariat Regresi Linier.

commit to user