BROSUR S1 PERLINDUNGAN TANAMAN

Download Pembukaan Seksi Fitopatologi dan Seksi Hama Tanaman pada tahun 1963 ... buku-buku, antara lain: textbook (dalam dan luar negeri) jurnal ilm...

0 downloads 190 Views 1MB Size
Visi Jurusan bertaraf Internasional yang berkualitas, berdaya saing dan mampu memecahkan secara inovatif masalah perlindungan tanaman dengan penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Program Studi

Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan Pembukaan Seksi Fitopatologi dan Seksi Hama Tanaman pada tahun 1963 yang kemudian digabung menjadi Jurusan Hama dan Penyakit Tanaman pada tahun 1984, merupakan respon yang cerdas dan visioner para founding fathers Fakultas Pertanian UGM terhadap kenyataan bahwa di dalam sejarah umat manusia hama dan penyakit tumbuhan berulang kali menimbulkan kerugian yang amat besar. Dari kajian fosilfosil diketahui bahwa gangguan tumbuhan sudah terjadi pada zaman carbon, 230 juta tahun yang lalu dan masalah perlindungan tanaman sudah mulai timbul pada waktu manusia mulai mengerjakan tanah 8-9 ribu tahun yang lalu. Kerugian akibat adanya pengganggu tanaman terus meningkat sehubungan dengan makin intensifnya usaha pertanian dan adanya perubahan iklim. Diperkirakan bahwa dewasa ini kehilangan hasil pertanian (dalam arti luas) akibat adanya pengganggu tanaman mencapai 40%. Perlindungan tanaman juga telah merupakan isu pertanian strategis di era perdagangan internasional. Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan siap berkonribusi kepada negara dan bangsa dengan menyelenggarakan : 1. Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan Tumbuhan (S1, Akreditasi A). 2. Program Studi Ilmu Hama Tumbuhan (S2, Akreditasi A). 3. Program Studi Fitopatologi (S2, Akreditasi A). 4. Minat Studi Ilmu Hama Tumbuhan dan Fitopatologi (S3, Akreditasi A).

MISI 1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang perlindungan tanaman untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia yang mampu mengidentifikasi masalah dan mencari pemecahannya berdasarkan prinsip PHT. 2. Melaksanakan penelitian yang menopang pendidikan dan pelayanan masyarakat dalam bidang perlindungan t a n a m a n u n t u k m e n d u ku n g s i s te m p e r t a n i a n berkelanjutan. 3. Mengembangkan konsep dan teknologi sebagai acuan (trendsetter) pengambilan kebijakan di dalam perlindungan tanaman. 4. Mengembangkan Jurusan yang dinamis. TUJUAN 1. Peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan penelitian dan pelayanan masyarakat. 2. Pengembangan konsep dan teknologi perlindungan tanaman 3. Pengembangan pengelolaan jurusan yang efektif dan efisien.

Pendidik 1. Prof. Dr. Ir. Achmadi Priyatmojo, M. Sc. 2. Prof. Dr. Ir. Bambang Hadisutrisno, DAA. 3. Prof. Dr. Ir. Christanti Sumardiyono, SU. 4. Prof. Dr. Ir. Edhi Martono, M.Sc. 5. Prof. Dr. Ir. FX Wagiman, M.Sc. 6. Prof. Dr. Ir. Siti Subandiyah, M.Agr.Sc. 7. Prof. Dr. Ir. Susamto Somowiyarjo, M.Sc. 8. Prof. Dr. Ir. Triwidodo Arwiyanto, M..Sc. 9. Prof. Dr. Ir. Y. Andi Trisyono, M.Sc. 10. Dr. Ani Widiastuti, S.P., M.P. 11. Dr. Ir. Arif Wibowo, M.Agr.Sc. 12. Dr. Ir. Nugroho Susetya Putra, M.Si. 13. Dr. Ir. Siwi Indarti, M.P. 14. Dr. Ir. Sedyo Hartono, M.P. 15. Dr. Ir. Sri Sulandari, S.U. 15. Dr. Tri Joko, S.P., M.Sc.

FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA

Kerjasama

16. Dr. Ir. Witjaksono, M.Sc. 17. Dr. Suputa, S.P., M.P. 18. Dr. Tri Harjaka, S.P., M.P. 19. Dr. Suryanti, S.P., M.P. 20. Ir. Bellarminus Triman, SU. Guru Besar yang telah pensiun : 1. Prof. (Emer) Dr. Ir. Haryono Semangun 2. Prof. (ret) Dr. Ir. Nursamsi Pusposendjojo, M. Sc. 3. Prof. (ret) Dr. Ir. YB Sumardiyono 4. Prof. (ret) Dr. Ir. Mulyadi, M.Sc.

Laboratorium 1. Laboratorium Entomologi Dasar 2. Laboratorium Entomologi Terapan 3. Laboratorium Pengendalian Hayati 4. Laboratorium Nematologi Pertanian 5. Laboratorium Mikologi Pertanian 6. Laboratorium Bakteriologi Tumbuhan 7. Laboratorium Virologi Tumbuhan 8. Laboratorium Ilmu Penyakit Tumbuhan Klinik 9. Laboratorium Toksikologi Pestisida 10. Laboratorium Terpadu Penyakit Tumbuhan

Perpustakaan Perpustakaan Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan berisi buku-buku, antara lain: textbook (dalam dan luar negeri) jurnal ilmiah (dalam dan luar negeri) dan buku-buku petunjuk praktis pengendalian hama dan penyakit tumbuhan (dalam dan luar negeri).

Rumah Kaca 1 unit rumah kaca terdiri atas lima ruang 4 unit bangunan controlled temperature chambers 1 unit screen house

Museum Museum serangga berisi beberapa koleksi serangga yang termasuk: hama, musuh alami, serangga sosial, dan beberapa serangga yang belum diketahui secara pasti peranannya di bidang pertanian

Beberapa intansi baik pemerintah, swasta, universitas, dan balai penelitian baik dalam negeri maupun luar negeri yang saat ini sedang bekerjasama dengan Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian UGM antara lain Pemerintah Dati I dan II se-Indonesia, Departemen Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup, Bayer Academy Indonesia, PT Agricon, PT Petrokimia Kayaku, PT Petrosida Gresik, PT Syngenta, PT Unilever, berbagai universitas di Indonesia, University of Missouri Amerika, University of Western Sydney Australia, Yamagata University Jepang, Kagoshima University Jepang, California University Amerika, Griffith University Australia, Universiti Sabah Malaysia, Central Agriculture and Bioscience International South-east Asia (CABI), Department of Agriculture Fisheries and Forestry Australia (DAFF), Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization Australia (CSIRO), Australian Centre for International Agricultural Research (ACIAR), Centre for Biological Information Technology (CBIT), The University of Queensland Australia dan University of Aarush, Denmark.

Jurnal

1. Kebun Penelitian  Banguntapan seluas 3 ha 2. Kebun Penelitian PT. Pagilaran (Perkebunan teh, kina, kakao, kelapa, cengkeh, dan kopi) total seluas 1.600 ha) 3. Kebun Percobaan KP4 di Kalitirto seluas 35 ha.

Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan menerbitkan Jurnal "Indonesian Journal of Plant Protection", kerjasama dengan Dewan Penelaah dari berbagai instansi dalam dan luar negeri, antara lain IPB, UKSW, Balittro, LIPI, Balitsa, Balitpa, Kompes, Universiti Sains Malaysia dan Tokyo University of Agriculture. Pengelolaan jurnal ini bekerjasama dengan Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI) dan Perhimpunan Fitopatologi Indonesia (PFI).

Komputer

Kontak

Komputer sebagai sarana penunjang kegiatan pembelajaran terdapat di hampir semua ruang dosen dan terdapat 3 unit komputer yang digunakan untuk kepentingan administrasi di Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan. Di lingkungan kampus telah menggunakan hot spot dengan 16 Mbps. Semua staf pengajar dan mahasiswa telah memanfaatkan IT [Information Technology] untuk kepentingan pembelajaran.

Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada Jalan Flora, Bulaksumur, Yogyakarta 55281 Telepon 62-274-523926, 62 274 588688 ext. 31108, 31105 E-mail: [email protected]

Kebun Penelitian